Seminar Kiat Menjadi Ibu Hamil yang Sehat dengan Nutrisi dan Probiotik

Hwuidiihhhhh berat banget ya judulnya :tongue:  Ya abisnya kemarin aku abis ikutan seminar ini.  Gak ada maksud apa-apa sih, cuma karena seperti yang sbelumnya aku bilang, aku pengen hamil, jadi sebelum hamil, apa salahnya cari info lengkap dulu ya gak ya gak???

Seminarnya diadain di RS. Citra Harapan di Harapan Indah, kerjasama sama Susu Nestle Mom n Me, pembicaranya Dr. Ronny S.pog.  Acaranya sebenernya dari jam 10 – 13 siang.  Tapi seperti biasa, disinipun kebiasaan jam karetnya belom ilang juga ternyata, bikin aku sebel aja, ya abis molornya sampe 2 jam sendiri aja sodara-sodara, sebel kan??? :angry:  Isinya lumayan oke, banyak informasi yang aku dapet, apalagi waktu itu kata pembukanya dari dr. Ronny bilang,”ASI penting buat baby, tapi kalo pabriknya / Ibunya nutrisinya gak bagus, gimana ASI yang dihasilkan baik?”  Jadi mikir gak?  Ato cuma aku yang kebanyakan mikir? :hide::tongue:

Selanjutnya dr. Ronny jelasin teori-teori penting lainnya kaya sehat menurut WHO mencakup sehat fisik, psikis, dan sosial, jadi kalo ketiganya terpenuhi, baru dibilang bener-bener sehat.

Soal makan, kalo dulu makan yang sehat itu 4 sehat 5 sempurna, kalo sekarang sudah beda katanya.  Kalo sekarang makan sehat itu makan dengan gizi yang seimbang :thinking:

Kemaren dijelasin juga karakteristik ibu hamil antara lain :- Peningkatan Berat Badan- Pembesaran payudara- Frekwensi buang air kecil bertambah- Mual dan muntah- Sembeli / konstipasi- Kram pada kaki dikarenakan penekanan syaraf pada panggul- Kulit gatal- Sering sariawan- Letih, lesu, susah tidur

Trus dikasih tau juga pertambahan berat badan ideal ibu hamil antara lain :
– Kurus (IMT : 17 – 18) : 12,5 – 18 kg
– Normal (IMT : 18,5 – 45) : 11,5 – 16 kg
– Gemuk (IMT : 25 – 27) : 7 – 11,5 kg
– Obesitas (IMT : > 25) : 6 7 kg

Kenapa dibikin tabel itu, karena ibu hamil yang terlalu kurus, dan terlalu gemuk akan ada banyak resiko pada saat masa hamil dan melahirkan.  Waktu itu dr. Ronny mencontohkan ada ibu hamil yang obesitas, yang sama beliau dirujuk ke RS di Jakarta, dengan alasan alat lebih lengkap, dan ibu itu kasian banget, ditolak mulu, karena dokter kebanyakan takut untuk mengoperasi ibu hamil yang lemaknya tebal.  Akhirnya tuh ibu pasrah balik ke dr. Ronny dan Puji Tuhan berhasil sih katanya.

Masalah-masalah gizi yang biasa terjadi pada ibu hamil antara lain :
– Anemia
– Obesitas
– Diabetes melitus
– Hipertensi

Kata pak dokter lagi, gizi selama masa kehamilan dan menyusui menentukan kesehatan si kecil pada masa depannya.  Bahkan dokter yang juga mengajar ini katanya suka bilang sama anak muridnya gini,” Coba kalian liat pejabat yang korupsi, ketangkep gak malu, malah masih bisa jalan dengan gagah, dan liat anggota DPR yang kerjaannya berantem mulu di rapat.  Itu salah siapa???  Itu salah kita tuh, karena dulu ibunya gak dikasih tau untuk memenuhi gizi dengan baik, jadi anaknya gedenya kayak begitu.”:thinking::hide: dan disambut tawa ibu-ibu yang pada heboh deh:lmao:

Dokter juga jelasin kalo pada masa hamil terjadi kurang gizi akan mengakibatkan :- Ketidak mampuan fungsional- Terganggunya kemampuan kognitif- Sindrom metabolik

Dijelaskan juga Angka Kecukupan Gizi (AKG) bumil per harinya seperti ini :
– Kalori : 2.500 kkal
– Protein : 60 – 80 mg
– Kalsium : 900 – 1500 mg
– Besi : 15 – 46 mg- Fosfor : 620 mg
– Yodium : 175 ug
– Vitamin C : 70 – 100 mg

Yang patut digarisbawahi kemaren itu : Kekurangan Yodium dan Seng bisa menyebabkan keguguran  atau ari-ari lepas sebelum waktunya :fear:

Oya, untuk probiotiknya ini, tambahan nutrisi yang ada di susu Netle Mom & Me, yang fungsinya untuk mencegah bumil sembelit.  Probiotik itu sendiri adalah mikro organisme hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dapat memberikan manfaat kesehatan bagi bumil dan si kecil.  Ato dalam bahasa awamnya probiotik adalah kuman baik. (kayak dokter kan bahasanya :tongue:)

Dan fungsi dari probiotik ini antara lain :
– Membantu meningkatkan daya tahan tubuh alami
– Meringankan konstipasi
– Mempengaruhi mikro biota usus bumil dan baby agar tidak gampang kena diare
– Membantu menurunkan resiko eksim

Begitulah kira-kira isinya, kemaren dikasih contoh menu-menu seimbang buat bumil juga sih, lumayan lengkap dan informatif banget dokternya.  Selesai acara, ada sesi tanya jawab yang lumayan lama dikasih waktunya, jadi kita bisa puas nanya-nanya, apalagi kan gratis ya bok tanya sama dokter, lain kalo pas kita periksa ke beliau:mrenges:   Ada bagi-bagi door prize juga kemaren, sayangnya, makin lama, ibu-ibu itu makin sibuk ngobrol masing-masing pas sesi tanya jawab sama dokternya, jadi keganggu deh, tapi secara keseluruhan sih bisa dibilang dapet ilmunya lumayan banyak juga sih :)

Nah, setelah dapet ilmunya, tinggal prakteknya kan?  Dan semoga segera nih aku bisa mempraktekannya. Doain aku ya temen-temen :pray:

Advertisements

2 thoughts on “Seminar Kiat Menjadi Ibu Hamil yang Sehat dengan Nutrisi dan Probiotik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s