Ubi Ungu dan Manfaatnya

Ubi ungu

gambar diambil dari sini

Weeessss mulai lagi dah kuliah kita :p  Jadiiii… kemaren ini aku baca-baca majalah trubusnya Nyoman tuh *yup, Nyo emang hobby bercocok tanam :D* dan nemu artikel tentang si ubi ungu.

Tau gak temans, ternyata, ubi ungu yang katanya makanan orang susah, makanan gak gaul alias ndeso itu, manfaatnya segudang looohhh *paka nada alay neh lohnya ;P*

Ubi ungu yang bahasa latinnya “Ipomea batatas” *semoga gak salah nih :p* mempunyai kandungan antosianin, betakaroten, vitamin A, dan Vitamin C lebih banyak dibanding blueberry. Naaahhh dari sini aja keliatan kan, daripada beli buah mentereng yang mahal, kenapa gak buah lokal yang ndeso itu, yang ternyata gak kalah manfaatnya yagak, yagak, yagak 😀  Dan kandungan itu dari antara ubi ungu, kuning, dan putih, pemenangnya masih tetep si ubi ungu ini.  Trusss, menurut loh gue tau getoo apa kandungannya dan fungsinyah??? *nada nyolot neh :p*  Tenang-tenang, sebentar lagi masuk pembahasannya kok, sabar yaaa…  Oya, postingan ini bukan mau buat sok-sokan sih, cuma karena kemaren dapet info bagus, kenapa gak dipost aja, jadi kapan-kapan perlu kan bisa dibaca lagi kan ya 😀

Menurut Dr. Anak Agung Gde Wiraguna Spkk, antosianin ini berfungsi untuk memperbaiki peredaran darah, dan menyeimbangkan sistem hormonal. Yang efeknya menyebabkan orang berstamina prima, tidak mudah jenuh, dan tidak mudah lelah.  Menurut Dr. dr. I Made JAwi Mkes, farmakologi di bagian farmakologi Fakultas kedokteran Universitas Udayana, Antosianin memiliki struktur dasar tiga ikatan fenol tak jenuh yang menyediakan proton untuk mengangkap radikal bebas.  Antioksidan antosianin ini juga berfungsi melindungi selubung endotelium yang melapisi dinding kapiler pembuluh darah. Kerusakan dinding kapiler pembuluh darah menyebabkan terbentuknya plak yang memicu hipertensi

Sedangkan betakaroten merupakan sumber vitamin A terbaik untuk mata dan kulit. Kalo manfaat vitamin A dan vitamin C pasti temen-temen dah tau dong ya, dari jaman sekolah dulu, jadi gak usah panjang lebar bahasannya ya, biar gak bosen hehe.  Selain itu, ternyata ubi ungu juga mengandung macam-macam mineral dan vitamin lainnya. Bahkan antibakterinya 2,5 kali lebih tinggi dibanding si buah bule, blueberry itu tadi 😀

Menurut riset ilmiah dr. I Wayan Sumardika, Agung Wiwiek Indrayani, dan I Made Jawi dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.  Riset yang berkolaborasi dengan Dewa Ngurah Suprapta dari Fakultas Pertanian Universitas Udayana ini, membuktikan bahwa ubi ungu berefek sitoksis alias menghambat sel kanker, sekaligus anti perbanyakan kanker.  Mereka menggunakan ekstrak ubi jalar ungu dan membandingkan dengan peonin glukosida, jenis antosianin yang lazim terkandung dalam anggur merah. Dan hasilnya ekstrak ubi jalar ungu terbukti manjur menghambat pertumbuhan dan memperpendek umur sel kanker.  Hal itu terjadi karena menghentikan duplikasi sel di fase G1 / fase perbanyakan.  Sel yang sudah terlanjur mengeluarkan tenaga untuk memperbanyak diri, tapi di tengah jalan proses itu dihentikan.  Efeknya, bukan hanya sel gagal berduplikasi, tapi juga kehabisan tenaga dan mati.

Wow, liat kan gimana fungsi si ubi ungu ini, buah ndesoa yang jagoan ini masih banyak lagi loh manfaatnya selain yang diatas itu tadi.  Manfaat lainnya antara lain, menurunkan tekanan darah tinggi, menyembuhkan varises/pelebaran pembuuh darah, melancarkan pencernaan, diabetes, menghaluskan kulit, memperbaiki kinerja seksuual, penguat kerja lambung, dan jantung.  MAlah katanya si Bapak Dokter, setelah beliau rajin mengkonsumsi ubi ungu ini, beliau jade segar, tidak gampang lelah, bahkan terlihat lebih muda karena kulit yang semakin halus. Ngiri gak tuhhh :p daripada pake kosmetik mahal buat ngalusin kulit kan ya? Ada ubi ungu yang lebih sehat, dan murah nih ternyata.

Nahhh, gimana nih setelah tau manfaatnya?  Masih merasa gengsi makan ubi ungu yang ndeso itu? Gak dong ya hehehe.. Ubi ungu ini juga bisa diolah macem-macem loh, selain dikukus, atau direbus yang sudah biasa kita buat, ubi ungu bisa juga dijus, dan dibikin cemilan enak seperti bolu kukus, bapao, kolak, keripik, kue talam, bahkan bisa dibikin es krim loohh 😀  Mmmm… jadi kepikiran bikin kue talam ubi ungu nih :p  Next post dikasih resep kue talam ubi ungunya ya temans 😀  Oya, bahkan di Bali, karena budaya mereka minum wine, orang bali mengolah ubi ungu ini jadi wine loh, dan menurut mereka wine nya tanpa bahan pengawet.  Tapi menurut Bapak Dr. dr. I Made Jawi Mkes, perlu diingat juga, sifat antosianin mudah rusak dengan pemanasan yang berulang-ulang.

Oya, malah di majalah trubus kemaren itu diceritakan kisahnya seorang bapak yang kena kanker prostat, yang sudah divonis hidupnya tinggal sebulan, sembuh loh dengan mengkonsumsi ubi ungu ini.  Sayangnya bapak tersebut meninggal pas umur 50 tahun karena ternyata beliaunya ada sakit jantung juga yang gak ketauan, dan karena merasa kanker prostatnya sudah sembuh, beliau ini sudah gak mau konsumsi ubi ungunya. Bacanya jadi antara geli, kasian dan sedih kemaren itu.  Gimana lagi ya, seneng, sembuh dari kankernya, tapi kok ya sial bener, meninggalnya karena penyakit lain, dan karena udah gak mau konsumsi ubi ungunya. Gitu deh ceritanya si ubi ungu, kalo mau tau lebih lengkap sih sebaiknya cari majalah trubusnya deh hehe.  Aku cuma tulis poin-poinnya yang aku rasa penting aja :p Semoga bermanfaat ya temans 😀

Advertisements

2 thoughts on “Ubi Ungu dan Manfaatnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s