Kue Talam Ubi Ungu

IMG-20140419-01102

Naaahhh, menyambung dari postingan sebelumnya tentang ubi ungu, dan sebagai pemenuhan janji *bener gak sih bahasanya 😀 *, aku posting nih kue talam dari ubi ungu.  Kebetulan sejak baca majalah trubus yang bahas ubi ungu itu juga Nyo, jadi latah, beli ubi ungu banyak trus ampir tiap hari tuh dikukuslah, dibikin kolaklah, akhirnya aku ngintip-ngintip resep ubi ungu, eh nemu resepnya Mba Hesti, jadilah aku nyontek bikin juga.  Kue talam ini enak sih, kenyel-kenyel, manisnya juga pas, dan rasanya legit banget.  Kalo bukibuk pada mau coba juga resepnya, nih monggo dibaca-baca dulu ya hehehe….

Bahan A :
– 200 gr ubi ungu, kukus, haluskan selagi masih panas
– 70 gr tepung sagu
– 30 gr tepung beras
– 100 gr gula pasir
– 170 ml santan
– 1/2 sdt garam

Bahan B :
– 175 ml santan kental
– 30 gr tepung beras
– 15 gr tepung sagu
– 3/4 sdt garam

Cara Membuat :
– Panaskan pani kukusan dengan api sedang
– Campur semua bahan A, aku campur pake blender biar alus
bener nih, trus saring
– Tuang ke cetakan setinggi 3/4 cetakan, kukus selama 10 menit.
– Sisakan 1 sdm adonan untuk hiasan
– Campur semua bahan B, tuang ke cetakan sampai penuh, kukus 8
menit
– Buat hiasan diatas adonan B, kukus lagi sekitar 5 menit, sajikan.

IMG-20140413-01069

Oya, selain ubi ungu juga masih bisa pake ubi lainnya loh, pas pertama mau bikin kue talam ubi ungu ini aku sempet salah beli ubi, jadi judule ubi ungu di box jualannya, tapi pas di register nama yang tercantum ubi merah jepang *jadi malu :p ketauan yak, makmak jarang ke pasar :p*   Tapi pas dibikin kue talam sih enaknya sama kok 😀   Nah hiasannya itu, kalo liat di blognya Mba Hesti tuh cakep bener, makanya aku nyontek tek bener bentuknya, tapi kok hasilnya belum memuaskan ya 😀  Nanti kapan-kapan aku coba lagi deh, biar makin ahli hehehe…

Leave a Reply

