Cilok isi Sosis

picmix-1542014-195457

Naaaahhhh pasti pada tau dong apa itu cilok?  Yups, Aci/Sagu dicolok alias ditusuk 😀  Biasa nih yang jual abang-abang di jalan, lumayan buat ganjel perut laper pas lagi di angkot pulang kerja ya hihi.  Aku dari dulu gak tau kenapa suka cilok ini, bahkan gak cilok doang sih, cireng juga aku demen bener, rasanya kenyel-kenyel gurih membelai lidah gitu *gak nahan ya bahasanya :p*  Nah karena penasaran cara bikinnya, aku gugel-gugel lah cari resepnya, dan nemu di blognya mba Ricke. Pas baca resepnya kayaknya enak nih, apalagi liat penampakannya, waahhh makin tertarik pengen bikin deh.  Sempet kesulitan mulung sih, karena di resepnya kan bilang aduk adonan sambil dikasih air matang dikit-dikit sampai terasa kalis dan bisa dipulung, nah kemaren ini aku ngaduknya belum jago, jadi gak rata-rata, giliran udah rata, airnya kbanyakan *hadoohh* akibatnya adonan susah banget dipulung karena cenderung nempel di tangan. Tapi bukan Rina namanya kalo buang adonan cuma gara-gara gitu kan ya :p  Jadi aku akalin aja dipulung pake dua sendok kayak bikin perkedel gitu deh kira-kira hehe. Dan berhasil loh ihiiyyyy *seneng banget* walaupun bentuknya jadi gak secantik buatan Mba Ricke sih emang hehehe.  Tapi gapapalah kan namanya percobaan pertama gitu yak *bela diri lageee :p*  Tapi untuk rasa sih sudah oke menurutku, ya gimana gak oke, resep boleh nyontek gitu yak hahaha. Pas aku upload fotonya ke Fb, ada temen yang komen, “Cilok naik pangkat, keren isi sosis 😀 ” Okelah gak usah banyak cingcong, mendingan kita makan cincau :p *apa sih?*  Iya maksudnya ayo kita catet resepnya biar gak lupa, jadi lain kali bisa coba bikin lagi gitu, monggoooo…

Bahan :

  • 200 gr Tepung sagu
  • 200 gr tepung terigu protein sedang
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk (optional, aku pake kaldu jamur)
  • 400 ml air (kalo pengen gurih, dipakein kaldu juga boleh)
  • 2 batang daung bawang, iris halus
  • 1 bh sosis, potong dadu
  • Air untuk merebus cilok

Cara Membuat :

  • Campur Tepung sagu, tapung terigu, dan daun bawang iris, garam, dan kaldu bubuk aduk rata, sisihkan.
  • Campur air dan ulekan bawang putih, masak sampai mendidih
  • Tuang air bawang ke tepung sedikit-sedikit, sambil diaduk pake sendok kayu *jangan pake tangan ya, mlepuh cuy :p* sampai adonan kalis dan dirasa bisa dipulung, jadi air gak perlu dihabiskan ya.
  • Masak air dalam panci, biarkan mendidih
  • Pulung adonan bulat-bulat, beri isian sosis di tengah adonan sampai habis, lalu rebus cilok sampai cilok mengambang dan biarkan mengambang sekitar 10-15 menit, angkat, lalu kukus cilok sampai empuk dan matang, sekitar 15 menit sih kemaren.

Bahan Saos Kacang:

  • 100 gr kacang tanah, goreng, haluskan
  • 3 siung bawang putih
  • 5 bh cabe merah (ato sesuai selera ya, aku gak gitu doyan pedes hehe)
  • Garem, lada, sesuai selera
  • Daun jeruk
  • 500 ml air
  • perasan jeruk nipis

Cara Membuat :

  • Campur semua bahan diatas, selain bumbu, daun jeruk, dan peresan jeruk, blender sampai halus
  • Masak diatas api, dengan diberi bumbu, dan daun jeruk, masak sampai mendidih, sambil diaduk.
  • Teruskan memasak sampai air berkurang dan bumbu keluar minyaknya, beri perasan jeruk,. aduk rata, angkat

 

Sajikan cilok dengan bumbu kacang, kalo suka bisa ditambah kecap manis dan saos sambel.

picmix-1542014-205537

Gimana menurut bukibuk sekalian? Ribet? Dikit sih hehe, tapi worth it kok pas udah jadi, makan sambil merem melek menikmati kenyel-kenyenya cilok :p *feels good*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s