Tentang Food Combining

Ada yang sudah pernah denger tentang food combining blom? Hahaha sok banget yak, pake nanya-nanya segala nih :p. Aku sih baru tau sekitar 3-4 bulanan yang lalu sih sebenernya. Awalnya gara-gara pengen mulai hidup sehat, catet bukan diet ya, soalnya aku paling gak kuat diet, makannya serba diatur *penting :p* Lah emang food combining gak diatur? Mmm… Diatur sih, tapi lebih simpel dan kita bebas makan apa aja dengan aturan :p Pertama dapet referensi tentang food combining ini dari temenku Diana, karena dia udah jalanin duluan. Nah food combining ini sebenernya gak susah sih, cuma kok ya mau jalaninnya ngatur waktunya yang susah *alesan :p* Tapi bener kok, aku sempet jalanin beberapa minggu, tapi jam makan malem itu yang gak pernah kekejar. Jadi di food combining itu kita diajarin untuk makan sesuai dengan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh ini dibagi jadi 3 waktu :

1. Jam 4.00 – 12.00 itu waktu pembuangan, jadi pada jam ini tubuh sedang mengeluarkan energi yang banyak. Makanya biar gak semakin membebani kerja tubuh, disarankan untuk sarapan buah, karena waktu cerna buah hanya 15 menit, dibanding sayuran yang waktu cernanya sampai 3 jam, kalo daging gak usah ditanya ya, pasti lebih lama lagi. Trus gak kenyang dong? Pertama juga aku nganggepnya gitu 😀 ternyata makan buahnya sepiring penuh, isinya sekitar 3-4 macem buah, dan dikunyah dengan perlahan, yang tujuannya menyampaikan sinyal ke otak agar siap memproses. Dan kenyang kok tahan sampe jam 12 siang lg :p

2. 12.00 – 20.00 itu waktu tubuh menyerap semua sari makanan, jadi disini kita bisa makan bebas. Eits tapi bukan berarti makannya jor-joran loh ya. Jadi di food combining kita diajarin untuk makan dengan ngunyah pelan itu salah satunya, pada saat otak siap menerima makanan, otak juga akan menyampaikan peringatan dari kapan tubuh sudah merasa kenyang, jadi kita cenderung gak makan berlebihan. Nah aturan makannya, kita boleh makan apa aja, asal ada syarat dasar *bukan apa aja dong namanya :p* yang gak boleh dilanggar yaitu tidak boleh makan pati seperti beras, kentang, ubi, tepung-tepungan, dengan protein hewani seperti ikan, telur, dan daging. Kenapa? Kalo di food combining dijelasin karena pada saat kita makan pati, maka tubuh akan mengeluarkan enzyme untuk mencerna pati. Dan pada saat kita makan protein hewani, tubuh juga akan mengeluarkan enzyme untuk mencerna si protein ini. Masalahnya, pada saat si enzyme protein ini keluar, maka secara otomatis, enzyme untuk pati akan berhenti bekerja, jadi hasilnya akan sia-sia alias nyampah. Jadi makan disarankan nasi dengan sayuran (dan disarankan juga tersedia sayuran segar alias mentah) atau protein hewani dengan sayuran. Kenapa sayuran bisa dimakan dengan apa aja? Menurut suhu sih karena sayuran itu sifatnya netral.

3. 20.00 – 04.00 itu waktunya tubuh untuk memperbaiki diri, alias menyembuhkan sel-sel yang rusak, jadi disarankan sebaiknya sudah berhenti makan. Karena pada fase ini tubuh sedang membutuhkan energi yang sangat besar.

Nah ada anjuran yang penting juga nih, untuk minum peresan jeruk nipis yang dicampur dengan satu gelas air hangat pada saat baru bangun tidur. Disitu kalo gak salah inget tujuannya sebagai tonik untuk liver. Dan bener-bener bermanfaat kalo diminum pas baru bangun tidur.

Nah gitu deh kira-kira tentang food combining. Kalo mau lebih jelas, coba deh buka langsung ke suhunya di erykar.com disitu infonya lebih jelas dan terpercaya daripada aku yang masih amatiran. Kalo Diana sudah sukses menjalani hampir setaonan kayaknya sih, dan kata dia, badan lebih enteng, gak gampang cape, dan kebetulan Diana punya asma, yang menurut dia sekarang jadi jarang banget nyesek. Dan bonusnya kata Diana berat badannya juga jadi seimbang. Catet itu bonus ya, yang lebih penting sehatnya sebab :p
Trus aku dah jalanin? Ya itu tadi, jalanin, tapi gak maksimal, karena rumah jauh *alesan lagi*, berangkat kerja subuh, nyampe rumah udah jam 9 malem dan baru makan 😦 Jadi sekarang ini aku cuma jalanin yang bangun tidur minum peresan jeruk nipis pake air anget, sarapan buah, dan makan siang sebisa mungkin ikut aturan, gak mencampur pati dengan protein hewani, kecuali kalo lagi tergoda :p dan banyakan tergodanya *ngumpet malu* Manfaatnya? Ya gimana mau terasa lah ya, lah ngerjainnya aja gak bener. Berharap banget kedepannya bisa bener-bener jalanin sih. Bukannya apa-apa sih, umur emang ditangan Tuhan, tapi kalo kita gak jaga, brarti kan kita gak menghargai berkat Tuhan yak? Betul apa betul? :p.

Advertisements

2 thoughts on “Tentang Food Combining

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s