Chicken n Prawn Curry Laksa

Whuaaahhh judule sok keren banget yak :D. Ini gara-gara Nyo udah lama rikues pengen dibikinin laksa ala singapore, tapi si nyonyah lagi emoh masak yang ribet :p Trus beberapa waktu yang lalu kebetulan Nyo dikasih pohon kari dari temen kantornya, dan latahlah si babah rikues dimasakin kari ayam, yang lagi-lagi cuma diiyain sama nyonyah karena masih emoh masak ribet *maaf ya hun, lagi mualesss :p* Nah kemaren ini pas lagi buka FB eh di page nya AFC ada resep ini, yasudahlah ya, lumayankan dua rikues dimasakin sekali ibaratnya sekali tepok, dapet dua nyamuk deh :p *alesan istri males* Soo mari singkirkan malas, lalu belanja hehehe. Ternyata enak, rasanya manis pedes apalagi ada aroma terasinya, nyammm, dan kuahnya mantap nian :p. Nah kalo ada yang ikutan ngiler, monggo resepnya ya

Chicken n Prawn Curry Laksa
Bahan :
250 gr udang, kupas kulit dan kepala, sisihkan, kulit n kepala jangan dibuang ya
3 paha ayam kampung, lepaskan dari tulangnya, sisihkan
5 buah tahu kulit, potong memanjang
2 buah telur rebus, belah dua
100 gr mi laksa ato spageti, kemaren aku pake misoa
200 ml santan kental
3 batang daun ketumbar, cincang
4 batang daun kari
1 ltr air

Bumbu Halus :
10 bh bawang merah
5 siung bawang putih
5 bh kemiri
1 cm kunyit
2 btg serai, ambil putihnya
2 cm lengkuas
1 sdm terasi
1 sdm ebi
5 bh cabe merah, atau sesuai selera
1 sdm cabe bubuk
Garam dan lada secukupnya

Pelengkap : sambel terasi

Cara Membuat :
– Panaskan air di panci, tunggu sampai mendidih
– Pasukan udang sampai ttansparan, dan berubah warna, angkat, sisihkan
– Masukan paha ayam, masak sampai empuk, sekitar 10 menit, angkat, sisihkan
– Masukan tulang ayam, kulit, dan kepala udang, masak sampai air mendidih, kecilkan api, buang busa, masak sekitar 45 menit, saring, panaskan lagi dengan api sedang
– Tumis bumbu halus sampai harum, dan kering, masukan ke panci kaldu, masak sampai mendidih
– Masukan santan dan daun kari, kecilkan api, masak sambil diaduk perlahan dan konstan
– Cicipi, jika sudah pas, masukan misoa, masak sampai misoa lemas, matikan api
– Tata misoa dalam mangkok, beri udang, irisan ayam, tahu, dan telur rebus, beri kuah, taburi dengan daun ketumbar, sajikan dengan sambel terasi

Selamat mencoba :D. Stepnya emang agak panjang sih, tapi worth it kok, enak soalnya, apalagi pas hawa adem dimakan anget-anget, aduuhh sampe ngeces bayanginnya :p

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s