Sop pangsit dan Rumput Laut

Biasa kalo pulang kerja, buat makan malem kita beli makanan diluar, kayak nasi goreng, pecel ayam, ato sate yang lewat depan rumah. Tapi kalo lagi bosen sama makanan yang itu-itu aja, ya solusinya mesti makanan rumah. Berhubung nyampe rumah biasa udah malem, jadi kalo mau masak macem-macem juga bawaannya udah males aja deh. Biasanya yang simpel ya bikin salad, ato nasi goreng juga hahaha apa bedanya sama yang beli coba? Ya beda dong, kan masakan sendiri *maksa :D* Makanya aku suka bikin makanan yang bisa awet disimpen di friser macem pangsit, ayam goreng, kering tempe. Kemaren kebetulan masih ada stok pangsit babi, dan kebetulan tukang nasi goreng juga lagi mudik sejak hari raya Idul Adha kemaren, jadi mari kita bikin sop pangsit aja. Kebetulan juga masih ada dashi, dan rumput laut kering, pas deh hehehe. Bikinnya cepet, rasanya sudah pasti enak, dan yang penting kenyang hahaha. Mari kita catat resepnya.

Bahan:
12 buah pangsit (home made)
2 sdm rumput laut kering, potong kecil, karena mengembang pada saat direbus
1 bungkus dashi (kaldu ikan jepang)
1 batang daun bawang, iris
2 buah bawang putih, cincang
1 sdm kecap ikan
1 sdt minyak wijen
Garam dan lada
500ml Air

Cara membuat :
– Tumis bawang putih sampe harum, tuang air, masak sampe air mendidih
– Masukkan dashi, dan rumput laut kering, aduk rata, beri garam, dan lada, cicipi
– Masukkan pangsit, masak sekitar 7 menit, cicipi lagi, adjust sampe pas ya.
– Masukkan minyak wijen, aduk sebentar, matikan api, sajikan dengan daun bawang dan bawang goreng.

Gampang kan? Rasanya juga enak kok, seger karena berkuah. Selamat mencoba.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s