Beef Lasagna a la Rina

Buat ngasih hadiah ade sepupu yg baru selesai ujian, aku danNyo brencana kasih kejutan, akhirnya kami memutuskan masakin lasagna kesukaannya, karena gak tau gmana masak lasagna, akhirnya kita coba2 aja dengan isi saos improvisasi hahaha… resepnya sih bukan resep sendiri juga, saosnya dibuatin saos merah buat spaghetti ato istilah ngetopnya saos bolognaise dan saos buat steak yg aku buat waktu bakar2an malem taon baru kemaren, namanya saos bechamel jamur. Gak tau awalnya idenya dari mana, cuma pake feeling aja kayaknya enak hehehe… Berhubung si koko Christian ini doyan makan, akhirnya kita buatinlah pake pyrex ukuran gede deh. untung pada suka, kalo gak pusing juga hahaha…

Bahan:
– 12 lembar pasta lasagna, rebus sampai aldente
– 1 lt air untuk merebus
– 1 sdm minya goreng
– 1 sdm garam

Bahan saos bolognaise :
– 1/2 bh bawang bombay, cincang
– 4 siung bawang putih, cincang
– 250 gr daging sapi cincang
– 5 bh sosis sapi, iris tipis
– 11/2 sdm garam
– 1/2 sdt lada
– 1/2 sdt oregano bubuk
– saos tomat, sesuai selera
– 2 bh tomat, cincang kasar
– 1 sdm mentega
– 1 sdm minyak sayur untuk menumis
– daun parsley sesuai selera, cincang

Bahan saos bechamel jamur:
– 550 ml susu cair
– 150 gr jamur kancing, iris tipis
– 1 sdt lada hitam utuh
– 1/2 bh bawang bombay, iris
– 1 lembar daun salam
– 1 sdm garam
– 1/4 sdt lada
– 2 sdm tepung terigu
– 1 sdm mentega

Cara membuat:
A. Saos bolognaise:
– Panaskan mentega dan minyak sayur, tumis bawang putih dan
bawang bombay sampai harum
– Masukkan daging cincang, aduk sampai brubah warna kcoklatan,
masukkan sosis sapi, aduk rata
– Bumbui dengan garam, lada, oregano, aduk rata
– Beri sedikit air dan saos tomat, aduk rata, masukkan daun parsley,
aduk rata, angkat, sisihkan

B. Saos bechamel:
– Rebus susu dengan merica hitam, bawang bombay, dan daun salam
sampai wangi dan mendidih, saring
– Lelekan mentega, masukkan tepung terigu, aduk sampai kcoklatan,
tuang susu, aduk rata
– Masukkan jamur kancing, aduk rata sebentar sampai saos mengental,
angkat

C. Lasagna:
– Tata di pyrex, saos bolognaise, lasagna 3 lembar, beri saos bolognaise, tata lagi

      lasagna 3 lembar, beri saos bechamel, tata lagi lasagna, teruskan menyusun
      lasagna, sampai terakhir saos bolognais lagi.
– Panggang di oven dengan suhu 160 derajat celcius selama kurang lebih
30 menit, angkat nikmati hangat2 dengan saos sambel botol
Advertisements

8 thoughts on “Beef Lasagna a la Rina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s