Aneka Sambel

Untuk urusan pedes, aku dan Nyo sangat bertolak belakang. Nyo jagoan pedes, sedangkan aku cemen urusan pedes. Kalo gak sampe keringetan dan megap-megap, Nyo belum berasa enak, sedangkan aku, kalo kepedesan dikit aja, dalam waktu 15 menit sehabis makan, ditanggung langsung moncor, sungguh menyusahkan. Makanya selama ini kalo aku masak pedes paling cabe cuma 5 biji itupun cabe besar, dan ditambah dengan tomat hahaha. Nah sebagai istri yang baik hati dan tidak sombong *lalu ditimpuk ulekan* aku biasa sediain sambel buat Nyo biar dia tetep bisa makan enak sesuai selera. Sambelnya biasa kalo gak sambel botol yang super pedes, sambel bawang kencur, sambel ijo, ato sambel terasi yang dibikin stok. Kali ini aku mau bagi resep sambel bawang kencur dan sambel terasi dulu ya, karena sambel ijonya lupa belum difoto waktu itu. Iya maap aku suka narsis foto-foto kalo urusan masak-memasak hahaha. Okelah, silakan disimak resepnya ya, sapa tau bermanfaat hehehe.

Sambel Bawang Kencur :

IMG-20141224-02472
Bahan :
250gr cabe besar
100gr cabe rawit
6 siung bawang putih
2 ruas kencur

garam dan gula secukupnya

Cara membuat :

Ulek semua bahan, kalo aku biasa gak terlalu alus, biar masih keliatan tekstur cabenya *haduuhh bahasanya gak nahan hahaha* Beri garam, dan gula, lalu digoreng sampe sambal keluar minyak, simpan di botol bekas selai yg sdh dicuci bersih dan direbus. Kalo sudah dingin baru ditutup deh.
Untuk sambel bawang kencur ini, bisa divariasikan jadi sambel tempe loh. Caranya, tempe digoreng tanpa dibumbui, lalu ambil sambel bawang kencur secukupnya, ulek tempe sama sambelnya sampe hancur kaya sambel. Gampang enak, dan yang bikin ketagihan aroma kencurnya seger banget deh.

IMG-20150210-02802Ini fotonya pas sambel tempenya udah tinggal dikit, kelupaan ๐Ÿ˜›ย 

Resep sambel terasi :

IMG-20150201-02780
Bahan :

250gr cabe besar

100gr cabe rawit

2 bks trasi saset

1 sdm ebi

1 bh tomat

7 siung bawang merah

3 siung bawang putih

Garam dan gula secukupnya

1 bh jeruk nipis

Cara membuat :
Ulek semua bahan kecuali jeruk nipis, gak usah terlalu alus, goreng sampe berminyak, matikan kompor, beri perasan jeruk nipis, aduk rata, siap disimpan.
Nah kalo sambel terasi ini biasa aku variasikan jadi sambel pete,

IMG-20150111-02595

ato terong balado, nyummm ย deh.

IMG-20150222-02824

Terasi aku suka agak banyak karena aku suka aroma terasi.
Lumayan gampang kan? Bikinnya cuma pegel ngulek aja sih. Kalo mau gampang ya tinggal diblender aja. Kalo aku emang lebih suka sambel yang diulek, karena masih ada kasar-kasar cabenya. ย Wah kalo udah makan pake sembel dan nasi anget, bisa nambah terus dah makannya :D. Cuma kalo aku paling nyolek dikit aja, gak kuat pedesnya ๐Ÿ˜€ Selamat mencoba ya.

6 thoughts on “Aneka Sambel

    • Wah ci Feli, saya gak tau deh ada manfaatnya apa gak kalo dah jadi sambel gitu hahaha, harusnya sih tetep ada manfaatnya kali ya ๐Ÿ˜› Tapi sambel kencur ini rasanya enak ci, aromanya seger bener *bukan promosi :P* Hehehe iya ci pete emang favorit dah, kalo dah makan susah brentinya.

Leave a Reply

