Jakarta, Surabaya, dan Malang

Kemarin ini tanggal 26 September anak ii yang di Surabaya menikah.  Dan karena calon suaminya orang Malang, jadi acaranya diadakan di Malang.  Tadinya mau jalan sama Nyo, tapi karena kerjaan yang gak bisa ditinggalin, akhirnya aku jalan sendiri deh.  Berangkat tanggal 24 September sendiri aja naik Bis Damri dari Pasar Modern Harapan Indah.  Ternyata enak juga ya naik Damri ke Airport. Cukup bayar 45ribu, diantar sampe terminal yang dituju hehe.  Dan karena ini kali pertama aku naik pesawat sendiri, aku jadi agak panik juga hahaha.  Bukannya apa-apa, biasa pergi sama Nyo, yang urus semuanya, tau beres, dan tinggal masuk pesawat, jadi kemaren rada kuatir kalo salah masuk terminal, trus gak tau tempat check in nya, belum salah naik pesawat gimana coba *lebay* hahaha.  Tapi ternyata gak semenyeramkan bayanganku kok. Semuanya berjalan lancar.  Karena aku naik Damri, jadi gak brani jalan mepet-mepet. Alhasil, pesawat jalan jam 4.15 sore, jam 1 siang aku dah nongkrong manis di ruang tunggu hahaha.  Beruntunglah aku doyan baca, jadi bisa duduk manis dan tenang nunggu sampe dipanggil masuk pesawat dengan buku dari Sophie Kinsella kesayangan.  Pas sekitar jam setengah tiga, ada pengumuman kalo pesawat bakalan delay. Oya, aku naik citilink kemarin. Wah cepet-cepet aku kasih kabar ke ii kalo sampe Surabaya nya bakalan agak mundur waktunya, biar yang jemput di airport gak kelamaan nunggu.  Dan ternyata, pas jam 4.15 sore yang seharusnya emang waktunya terbang, pas pesawat nyampe. Jadi delay nya gak kelamaan deh, Puji Tuhan. Beres masuk pesawat, aku buka hape lagi buat kasih kabar, kalo pesawat gak jadi delay. Tepat jam 5.45 sore, pesawat mendarat di Bandara Juanda Surabaya. Dan pas aku telpon ke ii, pas bener ii sudah ada di bandara buat jemput adenya suami ii. Ternyata rumah ii gak jauh dari bandara, cukup 10 menit sudah sampai tujuan.  Sampe di rumah ii, ternyata sodara sudah banyak yang ngumpul, dan ditambah aku dateng tambah ramelah suasana di rumah ii.  Sang penganten sendiri ternyata sudah ke Malang karena harus mengurus semua acaranya.  Namanya keluarga besar, iya keluarga dari Mama total 11 bersaudara, dan kemarin formasi belum terlalu lengkap, tapi jelas lebih dari 7 keluarga ngumpul.  Kebayang kan segimana ramenya hahaha. Seru banget bisa ngobrol, bercanda, dan saling ledek sama semua ii, ngku, dan para ade sepupu, yang kebanyakan masih pada abg itu hahaha.  Tanggal 25 pagi-pagi kita jalan ke Malang. Rencananya sih ortu pengantin mau gladi resik di Malang, kalo aku dan ade sepupu yang berhasil aku komporin *iya aku biang rame kalo di keluarga* ikutan ke Malang, karena mau jalan-jalan ke tempat wisatanya.  Rencana boleh dibikin, tapi kalo Tuhan belum mengijinkan, gak bakal kesampean ya hahaha.  Jadi ternyata, pas sudah mau deket Malang ada kecelakaan, kalo gak salah Truk terguling gitu deh.  Nah tau sendiri kan kalo kecelakaan, hasilnya jalanan macet luar biasa gak bergerak selama berjam-jam. Itu pantat rasanya sudah tepos, mata dari merem melek merem melek, mobil gak pindah tempat juga hahaha.  Akhirnya sampe di Malang sudah kesorean buat jalan-jalan kemana-mana hahaha.  Sampe di Hotel, oya kita nginep di hotel Horison Malang, kita check in, masukin barang, dan ngajakin anak-anak yang kecil berenang aja deh di hotel daripada gak kemana-mana hahaha.  Hotel horison ini bersih, tempatnya nyaman, tapi menu sarapannya aku gak tau, karena kita dipesenin kamar hotel tanpa sarapan kemarin.

Jpeg

Ini mau difoto kamarnya, malah pada action semua

Selesai berenang, kita mandi, dan jalan lagi ke mall yang ada diseberang hotel.  Ternyata mall nya kecil banget, cuma 2 lantai, dan gak banyak yang jualan, jadi cuma keliling 15 menit dan sudah habis hahaha.  Tapi tetep ya, namanya jalan sama anak abg, keadaan kaya gimanapun ujung-ujungnya jadi bahan bercandaan hahaha.  Malemnya kita cari tempat makan malem.  Karena kita gak tau jalan, dan gak mungkin mau ngerepotin yang punya gawe, jadi kita cari makan malem aja sendiri keliling cari tempat makan.  Kebetulan ada 1 mobil yang bisa kita pake.  Dan masalah selanjutnya adalah, 1 mobil ini harus muat 12 orang hahaha.  Akhirnya setelah aku atur sedemikian rupa, muatlah 1 mobil itu untuk 12 orang, dan sepanjang jalan kita ketawa sampe sakit perut karena pada gak nyangka ideku berhasil bikin 1 mobil muat 12 orang hahaha.

Ini gak keliatan semuanya loh

Selsesai makan malem, kita balik ke hotel, dan istirahat, karena besok ternyata makeup mulai dari jam 5 pagi.  Tanggal 26 September, pagi-pagi kita udah bangun dong, dan ngantri makeup. Sebenernya sih, aku lebih seneng makeup yang paling terakhir aja, biar bisa tidur lamaan hahaha  *dasar males*  dan ternyata emang kebagian terakhir, karena yang duluan adalah mereka yang jadi panitia hahaha.  Pas makeup tadinya yang gak mau pake bulu mata palsu, dan akhirnya mau dengan catatan yang tipis aja, akhirnya malah dipaksa pake bulu mata dobel karena yang makeup in demen sama mataku yang gede.  Kata si ibu matanya bagus kalo pake bulu mata tebel haiyaaaahhh, rempong dah.  Dan bener aja, abis makeup malah mata jadi merah dan berair mulu karena gak tahan pake bulu mata hahaha.  Beres makeup, kita, aku sama sepupu, ii. dan sepupu abg ditugasin untuk nunggu grup yang dateng hari ini dari Surabaya, baru jalan ke gereja buat pemberkatan.

The bride n the groom

Beres pemberkatan, balik ke hotel.  Begitu sampe hotel, aku udah gak tahan lagi sama bulu mata palsu yang ganggu mata, jadi langsung aku cabut aja bulu matanya, dan ahhhh legaaa, mata bisa melek dan gak berair lagi *iya aku norak hahaha*  Nah pas lagi ahhhh itu, dibelakang pada ngetawain kelakuanku ternyata hahaha. Maap ya de, cicinya norak hahaha.  Sorenya kita siap-siap lagi buat ke acara resepsi, yang tempatnya ada di sebrang hotel juga.  Karena dikomplen para ii, gak bagus gak pake bulu mata, akhirnya aku pake lagi dengan catatan pake bulu mata yang tipis aja, dan lumayan nyaman untungnya.  Ternyata Malang macetnya sama kayak Jakarta ya, entah emang macet, ato karena kemaren ini long weekend. Tapi dari jalan ke Malang yang macet, mau ke gereja kena macet, dan sekarang mau ke resepsi yang cuma di seberang aja, macetnya gak ketulungan.  Akhirnya aku milih jalan kaki aja deh, daripada naik mobil gak gerak juga.  Acara pestanya sendiri keren, karena si penganten pake WO ternyata. semuanya tertata rapi, acaranya terorganisir, cuma yang gak seneng, mau foto aja kayak dikejar-kejar kamtib, begitu dipanggil, harus langsung naik ke panggung cepet-cepet, kalo kelamaan, langsung diganti rombongan lain.  Ini kawinan, apa bukan sih?  Bahkan ada Ama dateng dari Amerika, pas dipanggil foto ke panggung, tiba-tiba disuruh turun lagi karena mau masuk ke acara first dance pengantin.  Mana Ama jalannya sudah susah gitu, masih dikerjain. Karena kesel, aku komplen ke ii, dan si WO ditegur sama ii. Ihhh WO aneh.  Tapi selain insiden foto itu, semuanya berjalan lancar sih.  Oya, kawinan disini juga aneh ya, ternyata, yang bikin acara pesta di Malang itu dari keluarga Prianya, tapi karena keluarga wanita ngundang sodara-sodaranya *ya pasti ngundang dong ya* keluarga wanita harus membayar makan meja untuk setiap undangan yang dia keluarkan.  Dan angpao di depan juga ditulis mana yang angpao keluarga penganten pria, dan mana angpao untuk keluarga penganten wanita.  Ternyata, cara menikahpun macem-macem ya. Pas di resepsi, aku duduk di meja yang lagi-lagi ngumpul sama para sepupu abg, dan hasilnya, meja kita paling rusuhlah hahaha.

2015-09-27_17.44.23

Foto dulu sama Dion, ini adenya Lingke sang pengantin wanita 🙂

2015-09-27_19.55.42

Yang ini ade kesayangan, Andrean, dia nempel sama aku

Kita sempet kasih chalenge ke Ngku untuk maju nyanyi kedepan, dan bakalan kasih uang 100ribu, and the chalenge accepted haha.  Akhirnya kita ngumpulin unag masing-masing 10 ribu buat chalenge itu.  Pas Ngku maju dipanggil untuk nyanyi, kita kasih support paling meriah dong, sampe meja lain pada nengok hahaha. Bener-bener biang rusuh meja kita.  Selesai nyanyi, Ngku nawarin untuk nyanyi lagi, dengan hadiah 200rb, dengan lagu yang sama lagi, karena cuma bisa lagu itu, ya jelas aja kita tolak mentah-mentah hahaha.

Jpeg

Beres acara, kita balik ke Hotel, dan selesai bersih-bersih muka, kita tidur.  Paginya kita ngajakin krucil berenang lagi, dan dikasih waktu cuma 30 menit sama pihak hotel, karena mau dipake acara kawinan hahaha.  Karena long weekend kali ya, banyak bener yang menikah kemarin ini.  Selesai berenang, kita mandi, sarapan, dan leyeh-leyeh sambil nunggu waktu check out buat balik ke Surabaya.  Perjalanan ke Surabaya juga masih ketemu macet.  Tapi kita sempet makan siang dulu di Mang Engking, habis itu berburu oleh-oleh, dan sampe Surabaya, aku gak mandi lagi, langsung beres-beres, dan langsung ke bandara, karena sore itu aku udah harus balik ke Jakarta.  Walaupun acara jalan-jalannya di Malang gagal, tapi menyenangkan bisa ngumpul sodara. Nanti kapan-kapan kita atur waktu lagi untuk jalan-jalan deh.  Bye Malang, bye Surabaya, See you Jakarta.