Bawang Goreng

Sapa yang gak doyan bawang goreng hayooo…  Bawang goreng ini, baik yang bawang merah, maupun bawang putih, selain buat taburan, bisa juga dijadikan bahan tambahan di masakan karena wanginya yang bikin makanan makin menggoda.  Kalo bawang merah goreng sih lebih banyak dipake sebagai taburan ya, kayak di soto, nasi uduk, nasi kuning, dan mi instan ya, tapi bisa juga buat campuran bikin perkedel, bisa juga buat campuran bikin sambel kecap. Kalo bawang putih goreng, selain buat taburan, biasanya sih taburan soto kudus, bisa juga buat masak sop.  Iya masak sop, jadi lebih menghemat waktu deh, gak perlu tumis bawang putih dulu, bisa langsung cemplung-cemplung tuh bawang putihnya.  Etapi aku ada temen loh yang gak suka sama wanginya bawang-bawangan ini, jadi kalo masakpun gak pernah pake si bawang-bawangan.  Lain lagi sama nyo, yang ngefans sama bawang goreng.  Makanya aku suka bikin stok kalo lagi gak males. Iya kakak suka males bikin stok bawang, karena males ngiris tipisnya hehehe.  Dan kalo sudah ada stok bawang goreng, biasanya Nyo makan apapun akan ditabur dah tuh bawang goreng hahaha.  Okelah, karena sudah lama gak bikin stok bawang goreng, dan Nyo juga udah rikues beberapa kali dicuekin sama istrinya, jadi kali ini aku buatin juga deh.  Berikut resepnya ya

Bahan :

  • 500gr bawang merah
  • 1-2 sdt garam
  • 3 sdm tepung maizena
  • minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :

Kupas semua bawang merah, iris tipis

Jpeg

Jpeg

Taburi dengan garam, taruh di wadah yang berlubang-lubang biar airnya keluar, diamkan sekitar 15 menit

Jpeg

Keringkan bawang dengan tissue dapur, sampai air tidak terlalu banyak

Beri tepung maizena, aduk rata, diamkan sekitar 5 menit

Jpeg

Goreng bawang merah, sampai warnanya kuning mulai kecoklatan, cepet angkat.  Menggoreng bawang merah memang agak tricky sih, karena kita harus tau persis kapan bawangnya diangkat dari minyak.  Kalo kecepetan, biasanya bawangnya belum renyah, kalo kelamaan, bawang gorengnya jadi gak cakep karena coklat gosong warnanya.  Aku aja coba beberapa kali tuh tau baru berhasil bisa goreng bawang dengan hasil cantik.  Biasanya, habis ditiriskan di saringan minyak, aku tirisin lagi di koran, lalu di tissue, biar gak terlalu berminyak.

Jpeg

Kenapa harus dikasih garam, dan dikasih tepung maizena? Garam itu mengeluarkan cairannya, selain bikin bawang gorengnya juga berasa gurih, karena kandungan air berkurang, bawang gorengnya juga jadi renyah, sedangkan tepung maizena bikin bawang goreng lebih renyah lagi.  Bawang goreng ini harus bener-bener dingin sebelum dimasukan ke botol-botol kaca ya, biar gak cepet melempem.  Nah biasanya nih bisa sampe sebulan bawang gorengnya tetep renyah, tapi kalo di rumahku sih biasa paling lama dua minggu juga udah abis tuh bawang goreng sama Nyo hehehe.

Jpeg

Untuk bawang putih goreng, cukup dikupas, lalu dicincang, dan sudah bisa langsung digoreng, lebih simpel kalo bawang putih goreng.

Jpeg

Jpeg

Untuk kulit bawang merah goreng, jangan dibuang, karena kulitnya bisa buat bikin telur pindang loh.

Jpeg

Tau kan telur pindang?  Itu loh yang biasanya buat bahan pelengkap soto kudus, yang telurnya ada motif retak-retaknya itu.  Nanti aku posting juga cara bikinnya ya

 

Advertisements

6 thoughts on “Bawang Goreng

    • Wanginya bikin enak makanan ya kak 😀 Iya bener ngirisnya yang malesin, bikin nangis lagi hehe. Untuk kulit bawang biasa kita juga buat kompos kak, palingan yang buat bikin telor pindang cuma sekitar segenggam aja kok hehe

  1. Akuh jg suka bgt sama bawang goreng. Dan percis kaya nyo. Apa aja aku taburin bawang. Hahahaha.. cm bedanya aku malah suka bawang goreng yg udah agak melempem dan basah. Misakan bawa nasi ke kantor abis ambil nasi trus langsun tabur bawang dan tutup tempat makannya. Pas jam makan siang.. Nasinya udah nempel bawang goreng. Hehehehe.. Duh. Jadi kepengen bikin. Tapi emang paling males ngiris dan ngupasnya. Hehehehe

    • Wah kalo makan sama Nyo bisa rebutan bawang goreng tuh Vi hahaha. Iya, kalo bawang goreng dah lembek emang enak, jadi lebih wangi Vi, cuma kalo pas bikinnya lembek, tar gak awet lama, jadi musti garing bikinnya hehehe. Emang paling males tuh ngirisnya ya

  2. Cik bru baca nih ttg bwg goreng.. Haha.. Pgn bikin stock ah, kan ud ada resep dr cikrin. Soale biasa mertua yg bikin. Jd ketularan klo masak apa2 ditaburin bwg goreng. Dr yg tdnya ga doyan, skrg jd doyan, apalg ngebayangin bwg goreng kriuknya cikrin.. Haha.. Ngecesss.. Enak bwt taburan sop2an, nasi uduk, sama nasi kuning. # langsunglaper thx cik muach..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s