Gombong Trip 2015 – Day 3 & 4

Yak, kita geber deh seri mudiknya biar cepet kelar hahaha.  Hari ke-3 dan 4 ini rencananya kita mau ke Temanggung buat nginep semalem di biara pertapaan Rawa Seneng, dan besokannya mau ke Ambarawa buat ziarah ke Gua Kerep sekalian pengen liat patung Bunda Maria Asumpta yang tertinggi di dunia, habis itu mau jalan-jalan ke Solo sekalian wisata kulinernya.  Kita jalan dari Gombong sekitar jam 9 pagi, dan acara pertama adalah cari sarapan hehehe.  Nah si Papa kan kerjanya sales, jadi dia tau tempat makan yang enak dan murah, jadi kali ini kita nurut dah mau diajakin makan kemana. Dan ternyata, tempat makannya pada tutup dong hahaha nasib dah.  Kita ke 3 tempat makan loh, yang pertama lagi direnov, dan pindah sementara, karena tempatnya udah kelewatan, kita males balik lagi, jadilah kita pindah cari tempat lain, dan ternyata tutup. Terus Papa nyaranin kita untuk makan lotek. Oya, ada yang tau lotek? Lotek ini makanan macem gado-gado gitu, jadi isinya sayur rebus-rebusan yang dikasih bumbu kacang.  Yang bikin beda dari lotek ini, karena bumbu kacangnya manis (biasa Jawa), dan ada tambahan bunga kecombrang, dan mlandingan alias pete cina. Rasanya seger karena ada wangi kecombrang dan mlandingan itu tadi. Daannn lagi-lagi warungnya tutup aja dong sodara-sodara. Tujuan ke 4 diajakin makan Gudeg, dan lagi-lagi tempatnya tutup hahaha.  Akhirnya tepat jam 12 deh kita baru dapet tempat makan di daerah hampir magelang gitu, lupa nama daerahnya.  Makanannya enak, dan harganya murah dong.  Pokoknya kalo balik Jawa ini yang bikin seneng ya makanannya enak dan murah hehehe…  Perjalanan pas udah deket ke biara pertapaannya menanjak, dan kecil, tapi hawanya adem, dan hijau banget deh.

Jpeg

Jpeg

Maaf ya gambarnya pada kabur, abis tukang fotonya gak jago

Di Biara Pertapaan Rawa Seneng ini, ada perkebunan kopi yang luas banget, bahkan kata Nyo, kalo pas lagi panen, warga di sekitar biara banyak yang ikut bantuin. Selain kebun kopi yang luas, disitu juga ada peternakan babi, dan sapi yang terkenal dengan susunya yang fresh dan kentel itu lo.  Selain menyediakan susu fresh, disitu juga dibuat keju, dan aneka kue yang menggunakan keju macem kastengel.  Dan semua yang mengerjakannya ya para biara di pertapaan itu.  Rencana boleh disusun, tapi keadaan libur panjang yang gak terduga itu bikin acara rusak semua dah. Dimulai sampe biara pertapaan Rawa Seneng, yang kata Nyo biasanya gak perlu booking, ternyata sudah penuh dong, karena sudah dibuking rombongan dari Surabaya sekitar 50 orang.  Jadilah kita gagal menginap disini.  Padahal tempatnya adeemmm, suasananya hening, pan pemandangannya indah bener deh. Huaaa pengen nangis rasanya, sebel bener deh.

Jpeg

                                                  Ini lobby tempat kita mendaftar untuk nginep

Jpeg

                                               Ini jalanan dari tempat parkir menuju ke lingkungan biaranya

Jpeg

                                                                           Dan ini pemandangan di sekitaran biara

Etapi pas kita lagi ikutan ibadat sore dong ketemu sama Ko Yan, dan bu Elie, temen pembakti di Laetitia.  Jadi kita sempet ngobrol-ngobrol, trus diajakin keliling-keliling, trus diajakin liat kamarnya. Wahh beneran nyesel deh kita gak bisa nginep disitu.

Jpeg

                                                                Ini gereja tempat ibadat hariannya

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Oya, disitu juga ada taman doa yang kata Nyo baru, karena terakhir Nyo kesitu 6 tahunan yang lalu katanya belum ada.

Jpeg

Dan kamarnya, sekarang katanya udah lebih enak karena kamar mandinya di dalem kamar, kalo dulu katanya diluar, buat rame-rame, gantian.  Trus kalo dulu, abis makan, masing-masing cuci piring bekas makannya sendiri, kalo sekarang tinggal taro di tempat piring kotor, nanti ada yang nyuciin deh. Di taman doa itu, ada sumber air, yang seger bener, dingin bening, dan katanya sudah dites punya ph tertinggi, berapa yak kemaren lupa.  Jadi airnya kaya mineral dan oksigen jadi bagus banget kalo diminum.  Saking gak mau ruginya, kita sampe buang-buangi air di botol aqua yang kita bawa lumayan banyak itu, buat nyirem taneman aja, dan diganti dengan air dari mata air di taman doa itu hahaha.  Dan beneran airnya seger bener deh diminumnya. Walaupun airnya gak dimasak dulu juga kita gak ada yang sakit perut lo.

Jpeg

                                          Si Papa gak mau kalah, minta difotoin dong hehehe

Jpeg

Jpeg

Jpeg

                                Ada yang lagi seru cuci muka, sama puas-puasin minum nih hehehe…

Setelah puas keliling-keliling lingkungan biara, kita balik ke tempat parkir buat ke museumnya, sekalian beli kastengel yang kesohor itu. Iyak, kastengelnya enak bener deh, kejunya kerasa bener, dan aroma rumbotternya bikin kuenya makin enak aja. Dan lagi-lagi kecewa karena stoknya lagi abis yang rumbotter, katanya karena banyak paternya yang pada cuti, dan belum balik haahhh bener-bener dah.  Yang lucu, pas kita mau balik ke parkiran, si Papa suruh nanya lagi sama orang biaranya ada batalan bookingan gak hahaha. Mana mungkin ada batalan dalam waktu 2 jam saja hahaha. Ternyata Papa juga betah disini, kasian. Lain kali kita kesini lagi deh ya Pa, dan booking dulu hehehe.

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Di museumnya ada banyak foto-foto dari jaman dulu biara pertama berdiri, trus foto-foto tempat bikin kuenya, trus ada foto-foto biarwan yang sudah meninggal, trus ada dipajang juga pernak-pernik gereja macem jubah romo, topi uskupnya, dan ada Puji Syukur dengan ukuran super besar juga.

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Selesai keliling museum, akhirnya kita memutuskan lanjut ke Ambarawa untuk ke Gua Kerep, dan menginap disana. Tapi lagi-lagi jalanan macet, dan bahkan sepanjang jalan kita sambil telpon hotel untuk booking pun pada penuh.  Sampe gua Kerep sudah kemaleman juga, akhirnya kita gak sempet ziarah, cuma harus puas berfoto dengan patung Bunda Maria Asumpta aja.

IMG-20151227-WA0008

IMG-20151227-WA0009

Dan malem itu berakhir dengan duduk-duduk di pelataran patung, sambil telpon hotel buat booking dengan hasil nihil.  Setelah bingung mau gimana selanjutnya, akhirnya aku minta Papa telpon ke adenya yang di Jogja, bisa gak kalo kita menginap di rumahnya, karena dibanding balik ke Gombong, lebih deket kita nginep di rumah Kho Yun di Jogja. Puji Tuhan, ada, dan bisa numpang nginep. Jadilah kita nginep di Jogja malem itu.  Dan lagi-lagi karena jalanan macet, kita sampe Jogja udah jam 12.30 pagi aja dong.  Bener-bener tamu gak tau diri kita hari itu hahaha. Kasus Kho Yun ini lucu deh, jadi ade Papa ini merit dapet sepupunya Mama aku, yang biasa aku panggil Ngku Metun.  Nah, setelah merit aku jadi bingung, kalo manggil Ngku harusnya istrinya dipanggil Ngkim, dan kalo panggil Kho, harusnya suaminya dipanggil Thio. Lah yang ini semua sodara gimana coba jadinya???  Ujung-ujungnya manggilnya gak berubah tetep aja Ngku Metun sama Kho Yun hahaha.  Gitu juga anak mereka ke Mama Papa hahaha, Mereka manggilnya Ngku dan Kho juga jadinya hahahaha… Besokannya, pas kita mau pulang, malah disuruh nginep sampe tahun baru sama Kho Yun, tapi kan gak mungkin yak. Iya orang Jawa itu masih ribet untuk urusan kekeluargaan.  Jadi gak mungkin bener kalo kita lagi mudik gak mampir-mampir ke sodara yang dituakan macem Ngku, Ii, Ama, dan lainnya.  Jadi jelas kita tolak tawaran yang menggiurkan itu.  Oya, ternyata rumah Kho Yun deket sama rumahnya Ai Wating, mama sepupu aku Lucy, dan kebetulan Brielle juga tinggal disitu, jadilah kita mampir juga kesitu. Wah seneng bener ketemu Brielle setelah sekian lama gak ketemu. Anaknya cantik, hiper aktif, dan bawel bener dah.  Ahhh jadi kangen ssama Lucy.  Awalnya susah bener dideketin, tapi lama-lama malah nempel bener hehehe.  Malah suka nemplok minta gendong aja.  Pas kita mau balik ke rumah Kho Yun aja, Brielle mengintili kita dong hahaha.

IMG-20151227-WA0013

IMG-20151227-WA0015

Kho Yun aja pas liat Brielle nemplok ke aku bilang, tumben mau nemplok, biasa sama orang baru mah dia susah banget deketnya hehehe.   Jadi hari itu setelah kita seharian ngobrol sama yang punya rumah, kita pamitan pulang jam 2 siang, buat balik ke Gombong. Bubar jalan dah rencana mau wisata kuliner di Solonya.  TApi sebelum balik ke Gombong kita sempet mampir makan siang dulu diJogja, di warungnya Butet yang namanya Warung Bu Ageng.

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Disini makanannya lumayan enak-enak, dan suasana restorannya juga nyaman deh.  Tapi kemaren karena seharian udah makan sarapan di rumah Kho Yun, terus dipaksa makan lagi di rumah Ai Wating, jadilah kita cuma ngemil bakwan jagung sama es kopyor durennya aja. Es kopyor durennya enak bener, kopyornya banyak, durennya juga banyak, sedangkan bakwan jagungnya, wah itu beneran enak, bakwannya montok, jagungnya melimpah, dan ada cacahan udangnya juga, pokoke mantep deh.  Sebenernya kita udah yang ke 2 kali mampir disini, sebelumnya kita makan besar, dan semua pesenan kita juga enak-enak waktu itu.  Sempet liat Butetnya juga, tapi gak enak mau nyapa dan minta foto bareng, abis waktu itu beliau lagi kedatangan tamu sih.  Nahhh gitu deh cerita liburan kita hari ke 3 dan ke 4.  Ada mengecewakannya, tapi masih bersyukur bisa menikmati keindahan biara pertapaan Rawa Seneng, dan sempet liat Patung Bunda Maria Asumpta, juga bisa ngobrol sama Kho Yun.

 

Advertisements

2 thoughts on “Gombong Trip 2015 – Day 3 & 4

  1. Wah aku belum pernah tuh ke Pertapaan Rawa Seneng, next time mesti dicoba. Sepertinya enak banget ya suasananya damai. Jadi keliling-keliling Jawa Tengah deh ini judulnya ya 🙂

    • Aku juga baru pertama kemaren Ngel, Nyo malah yang sering kesana dulu, jaman belum merit hehe. Tau tuh abis merit dia blum kesana lagi. Iya bener adem, apalagi kalo nginep pasti enak tuh, bisa ikut ibadat hariannya. Keliling-keliling karena macet dimana-mana Ngel 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s