Banana Choco Chips Bread

Salah satu kegiatan selama jadi pengangguran ini ya baking hihihi… Sejak kegiatannya cuma jadi ibu rumah tangga, salah satu hal yang paling menyenangkan selain bisa puas-puasin nonton drama korea ya baking ini. Kali ini rikues Nyo yang pecinta pisang minta dibikinin banana cake. Mulailah browsing-browsing cari resep yang kira-kira enak, dan nemu resep ini di fb. Tapi lupa kemaren punya siapa resepnya nih. Maaf yah yang punya resep. Gak tau kenapa namanya bread, padahal hasilnya lembut kayak cake. Sebenere resep aslinya pake coklat bubuk segala, dan coklat chipsnya cuma ditabur di permukaan, tapi aku modif kali ini, karena pengen iseng aja sih hehehe. Resepnya pake cup, jadi aku timbang juga, biar lain kali bikin lagi gak usah keluarin measuring cup lagi deh. Kecuali sour cream, gak aku konversi ke ml, karena males nambahin cucian hehehe. Trus karena gak punya sour cream, jadi aku ganti pake butter milk, bikinnya gampang kok, tinggal susu dikasih perasan lemon ato jeruk nipis sekitar 1 sdm, aduk, diamkan 10 menit, jadi deh butter milknya, kayaknya ini juga bikin cakenya lembut deh. Walah pengantarnya kayaknya kepanjangan yak. Oke, berikut resepnya ya. 

Banana choco chips bread

Bahan :

  • 1/2 cup (100gr) butter
  • 1/2 cup (65gr) brown sugar
  • 1/4 cup (60gr) gula pasir
  • 1 butir telur
  • 2 sdt ekstrak vanila
  • 3 bh pisang ukuran sedang, haluskan dengan garpu
  • 1/4 cup sour cream (aku ganti butter milk)
  • 1 cup (145 gr) tepung trigu protein sedang
  • 1/2 cup (35 gr) coklat bubuk (aku gak pake, tambah tp trigu)
  • 1 sdt baking powder
  • 50 gr coklat chips

Cara Membuat :

  • Panaskan oven dengan suhu 180 dc
  • Oles loyang dengan margarin, dan salut dengan tepung terigu
  • Campur mentega, brown sugar, dan gula pasir dlm wadah, haluskan menggunakan whisk
  • Masukan telur, kocok rata
  • masukan vanila, pisang, dan sour cream, aduk rata
  • Masukan tepung trigu, baking powder, dan coklat chips, aduk rata, jangan overmixed biar gak bantet ya
  • Tuang adonan ke loyang, panggang 70 menit, tes tusuk, kalo lidi keluar bersih, tidak ada adonan yang nempel, brarti cake sudah oke

Gampang kan bikinnya. Gak usah pake mikser segala, tinggal aduk-aduk aja hehehe. Rasanya juga mantep loh. Cakenya lembut, pisangnya mantep, apalagi wanginya pisang keluar banget. Enak juga buat temen ngeteh ato ngopi. Dan yang paling penting nih, bisa bawain Nyo ke kantor biar gak nyemil gorengan hahahaha…

Update 25 nov, kebetulan ada yg pesen double chocolate banana bread, gini nih penampakannya kalo cake nya dikasih coklat bubuk hehehe *pentingloh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s