Green Smoothies

Masih inget kan cerita tentang food combining? Naaahh sudah beberapa minggu ini, untuk makan malem yang kemaleman biar gak terlalu berat, aku nyobain green smoothies :D. Awal tau tentang green smoothies dari twitter, dan kayaknya kok seger banget ya 😀 Jadilah aku nyobain deh. Kebetulan Nyo diajakin juga mau, siipp dah, makin semangat deh, mantep nyobain.
Hari pertama :
1 ikat bokcoy, 1 buah apel fuji, dan 2 buah jeruk nipis. Jadinya keaseman 😀 Tadinya sih takut masih bau langu bokcoynya, jadi jeruk dibanyakin, gak taunya malah keaseman :p

Hari kedua :
1 ikat bayam, 1 buah apel fuji, dan 1 buah jeruk nipis. Daaannn enyak 😀 gak langu, dan gak terlalu asem kayak kemaren :p

Hari ketiga :
1 ikat bokcoy, 1 buah apel fuji, 1 buah apel granny smith, 1 buah jeruk nipis. Ini juga keaseman :p tapi masih enak kok

Hari keempat :
1 iket caisim, 1 buah pear, dan 1/4 buah nanas dibekuin. Enak bener yang ini, apalagi nanasnya dibekuin dulu, jadi dingin makin seger 😀

Hari kelima :
Ini proyek ambisius :p mentang-mentang udah doyan, gaya dibanyakin sayurannya :p kali ini aku pake 1 iket bayam, 1 iket caisim, 1 buah apel fuji, dan 1 buah jeruk nipis. Hasilnya tetep gak langu, makin yakin deh kita ber green smoothies ria 😀

Hari keenam :
1 ikat caisim, 1 ikat bokcoy, 1 buah apel granny smith, dan 1 buah jeruk nipis

Hari ketujuh :
1 ikat bayam, 1 ikat caisim, 1 buah apel, dan 1 buah jeruk nipis

Abis itu tinggal diganti-ganti aja campuran sayuran dan buahnya. Gitu deh, kita sempet 2 minggu nonstop tiap malem ber green smoothies ria, dan gak makan malem 😀 Tapi gara-gara temennya Nyo ada yang kena asam urat di kantor, kita jadi ketakutan kalo tiap hari bikin green smoothies bakalan kena asam urat juga dong 😀 Jadilah abis itu kita cuma tiga kali seminggu aja ber green smoothies nya. Eh tapi sebenernya kalo tiap hari beneran bisa bikin asam urat gak sih? Pengen nggugel sih, buat cari infonya, tapi belom sempet-sempet nih *lagu lama, alesan terus :p* trus berasa gak manfaatnya? Mmmm bingung ngomongnya :p abis aku sama Nyo tipe ndableg sih, jadi gak ngeh ngaruhnya ke badan. Tapi kayaknya badan lebih seger, dan pencernaan lancar deh :p. Coba deh tar kalo dah lamaan, mungkin lebih kerasa kali ya?

Tentang Food Combining

Ada yang sudah pernah denger tentang food combining blom? Hahaha sok banget yak, pake nanya-nanya segala nih :p. Aku sih baru tau sekitar 3-4 bulanan yang lalu sih sebenernya. Awalnya gara-gara pengen mulai hidup sehat, catet bukan diet ya, soalnya aku paling gak kuat diet, makannya serba diatur *penting :p* Lah emang food combining gak diatur? Mmm… Diatur sih, tapi lebih simpel dan kita bebas makan apa aja dengan aturan :p Pertama dapet referensi tentang food combining ini dari temenku Diana, karena dia udah jalanin duluan. Nah food combining ini sebenernya gak susah sih, cuma kok ya mau jalaninnya ngatur waktunya yang susah *alesan :p* Tapi bener kok, aku sempet jalanin beberapa minggu, tapi jam makan malem itu yang gak pernah kekejar. Jadi di food combining itu kita diajarin untuk makan sesuai dengan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh ini dibagi jadi 3 waktu :

1. Jam 4.00 – 12.00 itu waktu pembuangan, jadi pada jam ini tubuh sedang mengeluarkan energi yang banyak. Makanya biar gak semakin membebani kerja tubuh, disarankan untuk sarapan buah, karena waktu cerna buah hanya 15 menit, dibanding sayuran yang waktu cernanya sampai 3 jam, kalo daging gak usah ditanya ya, pasti lebih lama lagi. Trus gak kenyang dong? Pertama juga aku nganggepnya gitu 😀 ternyata makan buahnya sepiring penuh, isinya sekitar 3-4 macem buah, dan dikunyah dengan perlahan, yang tujuannya menyampaikan sinyal ke otak agar siap memproses. Dan kenyang kok tahan sampe jam 12 siang lg :p

2. 12.00 – 20.00 itu waktu tubuh menyerap semua sari makanan, jadi disini kita bisa makan bebas. Eits tapi bukan berarti makannya jor-joran loh ya. Jadi di food combining kita diajarin untuk makan dengan ngunyah pelan itu salah satunya, pada saat otak siap menerima makanan, otak juga akan menyampaikan peringatan dari kapan tubuh sudah merasa kenyang, jadi kita cenderung gak makan berlebihan. Nah aturan makannya, kita boleh makan apa aja, asal ada syarat dasar *bukan apa aja dong namanya :p* yang gak boleh dilanggar yaitu tidak boleh makan pati seperti beras, kentang, ubi, tepung-tepungan, dengan protein hewani seperti ikan, telur, dan daging. Kenapa? Kalo di food combining dijelasin karena pada saat kita makan pati, maka tubuh akan mengeluarkan enzyme untuk mencerna pati. Dan pada saat kita makan protein hewani, tubuh juga akan mengeluarkan enzyme untuk mencerna si protein ini. Masalahnya, pada saat si enzyme protein ini keluar, maka secara otomatis, enzyme untuk pati akan berhenti bekerja, jadi hasilnya akan sia-sia alias nyampah. Jadi makan disarankan nasi dengan sayuran (dan disarankan juga tersedia sayuran segar alias mentah) atau protein hewani dengan sayuran. Kenapa sayuran bisa dimakan dengan apa aja? Menurut suhu sih karena sayuran itu sifatnya netral.

3. 20.00 – 04.00 itu waktunya tubuh untuk memperbaiki diri, alias menyembuhkan sel-sel yang rusak, jadi disarankan sebaiknya sudah berhenti makan. Karena pada fase ini tubuh sedang membutuhkan energi yang sangat besar.

Nah ada anjuran yang penting juga nih, untuk minum peresan jeruk nipis yang dicampur dengan satu gelas air hangat pada saat baru bangun tidur. Disitu kalo gak salah inget tujuannya sebagai tonik untuk liver. Dan bener-bener bermanfaat kalo diminum pas baru bangun tidur.

Nah gitu deh kira-kira tentang food combining. Kalo mau lebih jelas, coba deh buka langsung ke suhunya di erykar.com disitu infonya lebih jelas dan terpercaya daripada aku yang masih amatiran. Kalo Diana sudah sukses menjalani hampir setaonan kayaknya sih, dan kata dia, badan lebih enteng, gak gampang cape, dan kebetulan Diana punya asma, yang menurut dia sekarang jadi jarang banget nyesek. Dan bonusnya kata Diana berat badannya juga jadi seimbang. Catet itu bonus ya, yang lebih penting sehatnya sebab :p
Trus aku dah jalanin? Ya itu tadi, jalanin, tapi gak maksimal, karena rumah jauh *alesan lagi*, berangkat kerja subuh, nyampe rumah udah jam 9 malem dan baru makan 😦 Jadi sekarang ini aku cuma jalanin yang bangun tidur minum peresan jeruk nipis pake air anget, sarapan buah, dan makan siang sebisa mungkin ikut aturan, gak mencampur pati dengan protein hewani, kecuali kalo lagi tergoda :p dan banyakan tergodanya *ngumpet malu* Manfaatnya? Ya gimana mau terasa lah ya, lah ngerjainnya aja gak bener. Berharap banget kedepannya bisa bener-bener jalanin sih. Bukannya apa-apa sih, umur emang ditangan Tuhan, tapi kalo kita gak jaga, brarti kan kita gak menghargai berkat Tuhan yak? Betul apa betul? :p.

Ubi Ungu dan Manfaatnya

Ubi ungu

gambar diambil dari sini

Weeessss mulai lagi dah kuliah kita :p  Jadiiii… kemaren ini aku baca-baca majalah trubusnya Nyoman tuh *yup, Nyo emang hobby bercocok tanam :D* dan nemu artikel tentang si ubi ungu.

Tau gak temans, ternyata, ubi ungu yang katanya makanan orang susah, makanan gak gaul alias ndeso itu, manfaatnya segudang looohhh *paka nada alay neh lohnya ;P*

Ubi ungu yang bahasa latinnya “Ipomea batatas” *semoga gak salah nih :p* mempunyai kandungan antosianin, betakaroten, vitamin A, dan Vitamin C lebih banyak dibanding blueberry. Naaahhh dari sini aja keliatan kan, daripada beli buah mentereng yang mahal, kenapa gak buah lokal yang ndeso itu, yang ternyata gak kalah manfaatnya yagak, yagak, yagak 😀  Dan kandungan itu dari antara ubi ungu, kuning, dan putih, pemenangnya masih tetep si ubi ungu ini.  Trusss, menurut loh gue tau getoo apa kandungannya dan fungsinyah??? *nada nyolot neh :p*  Tenang-tenang, sebentar lagi masuk pembahasannya kok, sabar yaaa…  Oya, postingan ini bukan mau buat sok-sokan sih, cuma karena kemaren dapet info bagus, kenapa gak dipost aja, jadi kapan-kapan perlu kan bisa dibaca lagi kan ya 😀

Menurut Dr. Anak Agung Gde Wiraguna Spkk, antosianin ini berfungsi untuk memperbaiki peredaran darah, dan menyeimbangkan sistem hormonal. Yang efeknya menyebabkan orang berstamina prima, tidak mudah jenuh, dan tidak mudah lelah.  Menurut Dr. dr. I Made JAwi Mkes, farmakologi di bagian farmakologi Fakultas kedokteran Universitas Udayana, Antosianin memiliki struktur dasar tiga ikatan fenol tak jenuh yang menyediakan proton untuk mengangkap radikal bebas.  Antioksidan antosianin ini juga berfungsi melindungi selubung endotelium yang melapisi dinding kapiler pembuluh darah. Kerusakan dinding kapiler pembuluh darah menyebabkan terbentuknya plak yang memicu hipertensi

Sedangkan betakaroten merupakan sumber vitamin A terbaik untuk mata dan kulit. Kalo manfaat vitamin A dan vitamin C pasti temen-temen dah tau dong ya, dari jaman sekolah dulu, jadi gak usah panjang lebar bahasannya ya, biar gak bosen hehe.  Selain itu, ternyata ubi ungu juga mengandung macam-macam mineral dan vitamin lainnya. Bahkan antibakterinya 2,5 kali lebih tinggi dibanding si buah bule, blueberry itu tadi 😀

Menurut riset ilmiah dr. I Wayan Sumardika, Agung Wiwiek Indrayani, dan I Made Jawi dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.  Riset yang berkolaborasi dengan Dewa Ngurah Suprapta dari Fakultas Pertanian Universitas Udayana ini, membuktikan bahwa ubi ungu berefek sitoksis alias menghambat sel kanker, sekaligus anti perbanyakan kanker.  Mereka menggunakan ekstrak ubi jalar ungu dan membandingkan dengan peonin glukosida, jenis antosianin yang lazim terkandung dalam anggur merah. Dan hasilnya ekstrak ubi jalar ungu terbukti manjur menghambat pertumbuhan dan memperpendek umur sel kanker.  Hal itu terjadi karena menghentikan duplikasi sel di fase G1 / fase perbanyakan.  Sel yang sudah terlanjur mengeluarkan tenaga untuk memperbanyak diri, tapi di tengah jalan proses itu dihentikan.  Efeknya, bukan hanya sel gagal berduplikasi, tapi juga kehabisan tenaga dan mati.

Wow, liat kan gimana fungsi si ubi ungu ini, buah ndesoa yang jagoan ini masih banyak lagi loh manfaatnya selain yang diatas itu tadi.  Manfaat lainnya antara lain, menurunkan tekanan darah tinggi, menyembuhkan varises/pelebaran pembuuh darah, melancarkan pencernaan, diabetes, menghaluskan kulit, memperbaiki kinerja seksuual, penguat kerja lambung, dan jantung.  MAlah katanya si Bapak Dokter, setelah beliau rajin mengkonsumsi ubi ungu ini, beliau jade segar, tidak gampang lelah, bahkan terlihat lebih muda karena kulit yang semakin halus. Ngiri gak tuhhh :p daripada pake kosmetik mahal buat ngalusin kulit kan ya? Ada ubi ungu yang lebih sehat, dan murah nih ternyata.

Nahhh, gimana nih setelah tau manfaatnya?  Masih merasa gengsi makan ubi ungu yang ndeso itu? Gak dong ya hehehe.. Ubi ungu ini juga bisa diolah macem-macem loh, selain dikukus, atau direbus yang sudah biasa kita buat, ubi ungu bisa juga dijus, dan dibikin cemilan enak seperti bolu kukus, bapao, kolak, keripik, kue talam, bahkan bisa dibikin es krim loohh 😀  Mmmm… jadi kepikiran bikin kue talam ubi ungu nih :p  Next post dikasih resep kue talam ubi ungunya ya temans 😀  Oya, bahkan di Bali, karena budaya mereka minum wine, orang bali mengolah ubi ungu ini jadi wine loh, dan menurut mereka wine nya tanpa bahan pengawet.  Tapi menurut Bapak Dr. dr. I Made Jawi Mkes, perlu diingat juga, sifat antosianin mudah rusak dengan pemanasan yang berulang-ulang.

Oya, malah di majalah trubus kemaren itu diceritakan kisahnya seorang bapak yang kena kanker prostat, yang sudah divonis hidupnya tinggal sebulan, sembuh loh dengan mengkonsumsi ubi ungu ini.  Sayangnya bapak tersebut meninggal pas umur 50 tahun karena ternyata beliaunya ada sakit jantung juga yang gak ketauan, dan karena merasa kanker prostatnya sudah sembuh, beliau ini sudah gak mau konsumsi ubi ungunya. Bacanya jadi antara geli, kasian dan sedih kemaren itu.  Gimana lagi ya, seneng, sembuh dari kankernya, tapi kok ya sial bener, meninggalnya karena penyakit lain, dan karena udah gak mau konsumsi ubi ungunya. Gitu deh ceritanya si ubi ungu, kalo mau tau lebih lengkap sih sebaiknya cari majalah trubusnya deh hehe.  Aku cuma tulis poin-poinnya yang aku rasa penting aja :p Semoga bermanfaat ya temans 😀

Seminar Kiat Menjadi Ibu Hamil yang Sehat dengan Nutrisi dan Probiotik

Hwuidiihhhhh berat banget ya judulnya :tongue:  Ya abisnya kemarin aku abis ikutan seminar ini.  Gak ada maksud apa-apa sih, cuma karena seperti yang sbelumnya aku bilang, aku pengen hamil, jadi sebelum hamil, apa salahnya cari info lengkap dulu ya gak ya gak???

Seminarnya diadain di RS. Citra Harapan di Harapan Indah, kerjasama sama Susu Nestle Mom n Me, pembicaranya Dr. Ronny S.pog.  Acaranya sebenernya dari jam 10 – 13 siang.  Tapi seperti biasa, disinipun kebiasaan jam karetnya belom ilang juga ternyata, bikin aku sebel aja, ya abis molornya sampe 2 jam sendiri aja sodara-sodara, sebel kan??? :angry:  Isinya lumayan oke, banyak informasi yang aku dapet, apalagi waktu itu kata pembukanya dari dr. Ronny bilang,”ASI penting buat baby, tapi kalo pabriknya / Ibunya nutrisinya gak bagus, gimana ASI yang dihasilkan baik?”  Jadi mikir gak?  Ato cuma aku yang kebanyakan mikir? :hide::tongue:

Selanjutnya dr. Ronny jelasin teori-teori penting lainnya kaya sehat menurut WHO mencakup sehat fisik, psikis, dan sosial, jadi kalo ketiganya terpenuhi, baru dibilang bener-bener sehat.

Soal makan, kalo dulu makan yang sehat itu 4 sehat 5 sempurna, kalo sekarang sudah beda katanya.  Kalo sekarang makan sehat itu makan dengan gizi yang seimbang :thinking:

Kemaren dijelasin juga karakteristik ibu hamil antara lain :- Peningkatan Berat Badan- Pembesaran payudara- Frekwensi buang air kecil bertambah- Mual dan muntah- Sembeli / konstipasi- Kram pada kaki dikarenakan penekanan syaraf pada panggul- Kulit gatal- Sering sariawan- Letih, lesu, susah tidur

Trus dikasih tau juga pertambahan berat badan ideal ibu hamil antara lain :
– Kurus (IMT : 17 – 18) : 12,5 – 18 kg
– Normal (IMT : 18,5 – 45) : 11,5 – 16 kg
– Gemuk (IMT : 25 – 27) : 7 – 11,5 kg
– Obesitas (IMT : > 25) : 6 7 kg

Kenapa dibikin tabel itu, karena ibu hamil yang terlalu kurus, dan terlalu gemuk akan ada banyak resiko pada saat masa hamil dan melahirkan.  Waktu itu dr. Ronny mencontohkan ada ibu hamil yang obesitas, yang sama beliau dirujuk ke RS di Jakarta, dengan alasan alat lebih lengkap, dan ibu itu kasian banget, ditolak mulu, karena dokter kebanyakan takut untuk mengoperasi ibu hamil yang lemaknya tebal.  Akhirnya tuh ibu pasrah balik ke dr. Ronny dan Puji Tuhan berhasil sih katanya.

Masalah-masalah gizi yang biasa terjadi pada ibu hamil antara lain :
– Anemia
– Obesitas
– Diabetes melitus
– Hipertensi

Kata pak dokter lagi, gizi selama masa kehamilan dan menyusui menentukan kesehatan si kecil pada masa depannya.  Bahkan dokter yang juga mengajar ini katanya suka bilang sama anak muridnya gini,” Coba kalian liat pejabat yang korupsi, ketangkep gak malu, malah masih bisa jalan dengan gagah, dan liat anggota DPR yang kerjaannya berantem mulu di rapat.  Itu salah siapa???  Itu salah kita tuh, karena dulu ibunya gak dikasih tau untuk memenuhi gizi dengan baik, jadi anaknya gedenya kayak begitu.”:thinking::hide: dan disambut tawa ibu-ibu yang pada heboh deh:lmao:

Dokter juga jelasin kalo pada masa hamil terjadi kurang gizi akan mengakibatkan :- Ketidak mampuan fungsional- Terganggunya kemampuan kognitif- Sindrom metabolik

Dijelaskan juga Angka Kecukupan Gizi (AKG) bumil per harinya seperti ini :
– Kalori : 2.500 kkal
– Protein : 60 – 80 mg
– Kalsium : 900 – 1500 mg
– Besi : 15 – 46 mg- Fosfor : 620 mg
– Yodium : 175 ug
– Vitamin C : 70 – 100 mg

Yang patut digarisbawahi kemaren itu : Kekurangan Yodium dan Seng bisa menyebabkan keguguran  atau ari-ari lepas sebelum waktunya :fear:

Oya, untuk probiotiknya ini, tambahan nutrisi yang ada di susu Netle Mom & Me, yang fungsinya untuk mencegah bumil sembelit.  Probiotik itu sendiri adalah mikro organisme hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dapat memberikan manfaat kesehatan bagi bumil dan si kecil.  Ato dalam bahasa awamnya probiotik adalah kuman baik. (kayak dokter kan bahasanya :tongue:)

Dan fungsi dari probiotik ini antara lain :
– Membantu meningkatkan daya tahan tubuh alami
– Meringankan konstipasi
– Mempengaruhi mikro biota usus bumil dan baby agar tidak gampang kena diare
– Membantu menurunkan resiko eksim

Begitulah kira-kira isinya, kemaren dikasih contoh menu-menu seimbang buat bumil juga sih, lumayan lengkap dan informatif banget dokternya.  Selesai acara, ada sesi tanya jawab yang lumayan lama dikasih waktunya, jadi kita bisa puas nanya-nanya, apalagi kan gratis ya bok tanya sama dokter, lain kalo pas kita periksa ke beliau:mrenges:   Ada bagi-bagi door prize juga kemaren, sayangnya, makin lama, ibu-ibu itu makin sibuk ngobrol masing-masing pas sesi tanya jawab sama dokternya, jadi keganggu deh, tapi secara keseluruhan sih bisa dibilang dapet ilmunya lumayan banyak juga sih :)

Nah, setelah dapet ilmunya, tinggal prakteknya kan?  Dan semoga segera nih aku bisa mempraktekannya. Doain aku ya temen-temen :pray: