Sayur Bayam Bening a la Mama

Ini sih semua orang juga bisa yaa masaknya. Tapi sayur bening yang biasa mama masak tuh rasanya manis, dan segar karena pake tomat, dan aroma kencur. Di jawa tengah biasanya masak sayur bayam bening ini emang rasanya manis. Pernah dulu pas pertama kerja di Jakarta, pas makan siang pake bayam bening aku terkaget-kaget karena rasanya asin lo hahaha bener-bener lebay kan. Dan karena rasanya gak cocok sama lidah aku, alhasil aku tambahinlah sayurnya pake gula pasir. Dan temen kantor terutama yang bukan orang jawa pada ketawa dong liat kelakuanku. Dulu itu, jaman masih muda urat malu kayaknya masih dikit hahaha, asli cuek aja diketawain rame-rame gitu. Naahhh sekarang, sejak menikah juga repot kalo mau masak bayam bening ini. Karena Nyo kan taunya juga asin, akunya demen yang manis seger gitu. Jadilah aku jarang masak sayur ini. Etapi tiba-tiba kemaren Nyo minta dimasakin bayam bening dan rikues gak mau manis. Aku kan egois orangnya hahaha, jadi aku keukeuh mau manis sayurnya. Jadilah Nyo yang ngalah, dia tambahin garem sendiri hahaha. Walah jadi kepanjangan yak pengantarnya. Okelah, berikut resep bayam bening a la mama.

Bahan :

  • 1 ikat sayur bayam 
  • 1 buah labu siam
  • 1 buah wortel
  • 2 buah jagung, potong-potong
  • 1 buah tomat
  • 4 siung bawang merah
  • 3 cm kencur
  • garam dan gula sesuai selera

Cara memasak :

  • Haluskan bawang merah dan kencur
  • Panaskan air dalam panci, didihkan
  • Masukan bumbu halus, biarkan mendidih sekitar 2 menit
  • Masukan bahan sayuran mulai dari yang paling keras ke yang paling lunak
  • Beri garam, dan gula, cicipi rasanya harus asin sekilas, dan banyakan manisnya, angkat

Gampang yaaa… Itu bayam bening a la mama paling enak sedunia, menurutku loohhh hehehe. Rasanya manis, asem dikit, dengan aroma kencur yang menyegarkan. Silakan dicoba, semoga cocok ya rasanya.